Thursday, October 4, 2012

Spanyol Membuat Harga Emas Melemah Tipis

Rabu, 3 Oktober 2012

Kawasan Eropa
Perdana Menteri Spanyol, Rajoy mengatakan tidak memiliki rencana untuk meminta dana bailout kepada Uni Eropa, pada konferensi pers di Madrid menimbang persyaratan yang di inginkan oleh Presiden ECB untuk program pembelian obligasi.
Bank Sentral Eropa besok akan berkumpul untuk memberikan keputusan kebijakan moneter ke depan demikian juga dengan pertemuan Bank of England pada besok hari dapat memberikan arah bagi pelaku pasar.
Kawasan Amerika
Data penjualan otomotif AS menguat dibanding penjualan bulan, dibantu oleh pendanaan yang murah, sehingga  meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap pertumbuhan ekonomi AS.
Investor akan menunggu data non-farm payrolls AS pada hari Jum'at. Pertumbuhan pekerjaan yang cenderung meningkat sedikit pada bulan September dan perilaku bisnis tetap dalam posisi hati-hati karena pengetatan tajam pada anggaran pemerintah bisa memberikan pukulan besar bagi pemulihan ekonomi awal tahun depan.
Kawasan Asia Pasifik
Saham Asia jatuh di tengah spekulasi Spanyol akan meminta bantuan bailout bahkan ketika Perdana Menteri Mariano Rajoy mengatakan tidak ada rencana segera untuk meminta bantuan .
Saham Australia bergerak sedikit lebih tinggi, memperpanjang keuntungan setelah Reserve Bank of Australia memotong tingkat suku bunga uang utama pada Selasa sebanyak 25 bp, sementara itu ketidakpastian atas krisis utang Eropa dan pertumbuhan Cina masih membebani sentimen investor.
Berita Komoditas
Emas sedikit merosot tetapi masih tetap berada di dekat area tertinggi 11-bulan terakhir, karena ketidakpastian atas rencana bailout Spanyol membuat investor mengambil aksi profit taking sambil menunggu laporan pasar kerja AS yang diperkirakan menunjukkan efektivitas terkait program stimulus terbaru.
Data Ekonomi Hari Ini
Waktu
Data
Forecast
Previous

Bank Holiday, Cina


08.30
Trade Balance, Australia
-069B
-0.56B

German Bank Holiday, Eropa


15.30
Services PMI, Inggris
53.1
53.7
16.00
Retail Sales m/m, Eropa
-0.1%
-0.2%
19.15
ADP Non-Farm Employment Change, AS
145K
201K
21.00
ISM Non-Manufacturing PMI, AS
53.2
53.7
21.30
Crude Oil Inventories, AS
1.6M
-2.4M

Intraday Chart

Pergerakan emas pada grafik 1 jam-an terlihat sedikit terkoreksi tetapi secara umum bias bullish pada emas masih terlihat. Secara teknikal indikator stochastic berpotensi akan bergerak bullish. Jika resistan $ 1778.74 maka ada peluang emas akan kembali bergerak ke atas menuju resistan berikutnya pada kisaran $ 1791.78. Sebaliknya jika support $ 1770.67 ditembus berpotenis akan membuat harga emas jatuh lebih dalam lagi dengan bergerak ke bawah menuju supporrt $ 1764.15.

No comments:

Post a Comment