Tuesday, October 2, 2012

EMAS MENGUAT KETIKA BERNANKE BERKOMENTAR


emas jualSpanyol siap untuk meminta permintaan bailout kepada Uni Eropa tetapi Jerman mengisyaratkan sebaliknya dan berpendapat hal tersebut harus ditunda, ujar pejabat Eropa pada hari Senin.
Manufaktur AS naik tumbuh secara tak terduga dibanding bulan lalu untuk pertama kali, tetapi sektor manufaktur zona Eropa berada dalam kategori negatif sejak awal kuartal tahun 2009, ketika benua biru sedang berjuang untuk menghindari resesi.
Gubernur Federal Reserve, Ben Bernanke pada Senin menegaskan terkait kontroversi bank sentral AS dengan rencana membeli obligasi, bahwa kebijakan stimulus akan mendukung pemulihan ekonomi dan mengurangi pengangguran di AS.
Data non-farm payrolls AS yang akan dirilis Jum'at mendatang, kemungkinan akan meningkat ke 113.000, dari 96.000 pada bulan Agustus.
Holdings emas yang didukung dana dan diperdagangkan di bursa membukukan keuntungan sebanyak 73.978.000 ons pada tanggal 30 September, mendekati rekor tertinggi sebanyak 74.288.000 ons pada pekan lalu.
Wall Street memulai pergerakan kuartal baru dengan bergerak rally secara moderat pada Senin, terangkat oleh ekspansi manufaktur AS pada bulan September yang meningkat
Presiden Chicago Fed, Charles Evans mengatakan kepada CNBC bahwa ia mengharapkan pengangguran berada di kisaran 7% setidaknya selama 2 tahun dan seharusnya hampir selama 2 tahun minimal pembelian obligasi akan dilakukan sebanyak $ 40B/bulan.
Pada pergerakan Senin kemarin, perdagangan emas dibuka pada kisaran USD 1770.30 per troy ounce, sejak pembukaan market pergerakan emas sempat melemah dengan bergerak ke bawah menuju harga terendah hariannya pada kisaran USD 1762.70 per troy ounce. Emas kembali menekan dollar dengan menguat dan bergerak ke atas menuju harga tertinggi hariannya pada kisaran USD 1790.80 per troy ounce. Pergerakan emas di tutup pada kisaran USD 1774.50 per troy ounce. Pergerakan emas kembali membukukan keuntungan terhadap dollar sebanyak USD 4.2.
Pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat berada di atas indikator simple moving average (SMA) 20 dan 50 yang merupakan area support kuat bagi pergerakan emas. Indikator relative strength index (RSI 14) berada di level 55 dengan memberikan indikasi harga berpotensi berada dalam kondisi bearish. Demikian juga dengan indikator momentum 14 memberikan indikasi akan bergerak bearish minor.
Secara umum pergerakan emas pada grafik 4 jam-an terlihat kembali berada dalam kondisi bullish dimana jika emas menguat ada peluang resistan USD 1790.80 per troy ounce akan kembali di uji oleh pergerakan harga. Sebaliknya jika emas melemah paling tidak support USD 1774.00 per troy ounce maka ada potensi harga emas akan bergerak ke bawah menuju suppor berikutnya pada kisaran USD 1763.60 per troy ounce.
Sumber : antamgold.com

No comments:

Post a Comment