Friday, October 12, 2012

Keuntungan Investasi Emas

Jakarta: Emas selalu memiliki daya tarik tersendiri, sehingga memikat hati siapa saja yang melihatnya. Nilai emas yang cukup tinggi yang membuat emas sering dijadikan sebagai instrumen investasi. Berikut beberapa keuntungan berinvestasi logam mulia:

1. Likuiditas tinggi
Artinya dapat diuangkan kapan saja. Jika kita punya emas dan sedang membutuhkan uang, bisa dijual ke toko emas kapan saja. Bahkan emas juga bisa digadaikan kalau kebutuhan akan uang tunai jangka waktunya pendek. Apabila ingin digadaikan, hitung biaya gadainya.

2. Nilainya cenderung naik
Pada awal Maret 2004 harga logam mulia di PT Aneka Tambang (ANTAM) Rp.108.700 per gram. Sedangkan pada awal Oktober 2012 harganya mencapai Rp550.400 per gram. Itu berarti emas mengalami kenaikan rata-rata per tahun sebesar 20,48 persen. Kenaikan nilai emas tiap tahunnya selalu jauh lebih tinggi dibandingkan kenaikan inflasi. Itu membuat nilai kekayaan Anda tidak termakan oleh jahatnya inflasi.

3. Sebagai diversifikasi investasi lainnya
Selain investasi di pasar modal seperti reksadana, saham ataupun obligasi, emas juga cocok untuk dikoleksi. Sehingga diversifikasi investasinya lebih beragam. 

4. Bebas Pajak
Di Indonesia, emas batangan dimasukkan sebagai komoditi produksi yang tidak dikenakan pajak. Sehingga jika Anda berinvestasi pada emas batangan, maka Anda telah berinvestasi pada aset yang bebas pajak. (Outletdinar/Wtr4)

No comments:

Post a Comment